• Jl. Raya Kedampang, Sukun Buntu, No. 8
    Kuta, Badung, Bali, Indonesia
  • +62 851 0157 0557

Fiber Optik VS Kabel : Mana yang terbaik?

Di era digital saat ini, akses internet telah menjadi bagian penting dari kehidupan sehari-hari. Ketika memilih penyedia layanan internet atau internet service provider, salah satu pertimbangan utama adalah apakah memilih koneksi fiber optik atau kabel. Gecko Internet akan memberikan penjelasan perbedaan kedua teknologi ini yaitu perbedaan Fiber Optik VS Kabel, terumata kelebihan dan kekurangannya. Simak artikel ini sampai akhir!

 

1. Kecepatan dan Kinerja

Fiber Optik:

Fiber optik menggunakan kabel serat optik yang mampu mentransmisikan data dengan kecepatan tinggi. Koneksi ini dapat menyediakan kecepatan internet yang sangat cepat, mencapai gigabite per detik. Selain itu, fiber optik juga memiliki latency yang rendah, membuatnya ideal untuk kegiatan online yang memerlukan respons cepat.

Kabel:

Kabel, meskipun menyediakan kecepatan yang tinggi, umumnya tidak secepat fiber optik. Koneksi kabel dapat mencapai kecepatan tinggi, tetapi sering kali lebih lambat dibandingkan dengan fiber optik, terutama saat membagi bandwidth dalam satu area yang padat.

 

2. Kapasitas dan Ketersediaan

Fiber Optik:

Fiber optik memiliki kapasitas lebih besar untuk mentransmisikan data dalam jumlah besar. Serat optik dapat menangani lebih banyak data secara bersamaan tanpa mengalami degradasi kualitas sinyal. Namun, ketersediaan fiber optik mungkin terbatas terutama di wilayah pedesaan.

Kabel:

Kabel memiliki ketersediaan yang lebih luas, terutama di daerah perkotaan. Namun, ketika banyak pengguna berbagi satu saluran, dapat terjadi penurunan kecepatan internet saat jam sibuk.





3. Kebijakan Penggunaan Data

Fiber Optik:

Fiber optik sering kali memiliki kebijakan penggunaan data yang lebih longgar, memungkinkan pengguna untuk mentransfer data dalam jumlah besar tanpa khawatir tentang pembatasan.

Kabel:

Beberapa penyedia kabel mungkin memberlakukan kebijakan penggunaan data yang lebih ketat, membatasi jumlah data yang dapat diunduh atau diunggah setiap bulannya.

 

4. Kestabilan dan Ketahanan

Fiber Optik:

Fiber optik lebih tahan terhadap gangguan elektromagnetik dan interferensi, sehingga memberikan koneksi yang lebih stabil. Selain itu, serat optik tidak rentan terhadap korosi atau gangguan cuaca.

Kabel:

Kabel dapat lebih rentan terhadap interferensi elektromagnetik dan cuaca ekstrem, yang dapat mempengaruhi kestabilan koneksi.

 

Ketika memilih antara internet fiber optik dan kabel, sejumlah faktor perlu dipertimbangkan, termasuk kecepatan yang diinginkan, ketersediaan di wilayah tempat tinggal, dan kebijakan penggunaan data. Tentunya, Fiber optik VS Kabel: mana yang terbaik? Hal ini bergantung terhadap kebutuhan dan preferensi masing-masing pengguna.